Kamis, 06 Juni 2013

Menjadi mahasiswa perantauan

Enggak kerasa bener udah mau UAS, dan udah hampir satu tahun saya tinggal di kota "apel" ini, ya walopun jomblonya gak berubah. Ooooohhhhh.#pukpuk

Sebagai mahasiswa perantau otomatis kehidupan yang saya alami semenjak berada di Malang ini berbeda jauh dengan hari-hari yang saya lewati ketika masih berada di Lombok sana. Kalo jadi mahasiswa perantauan sih ya harus kudu  semuanya serba sendiri (kayak lagu alm.Meggy Z). Dan itu gak gampang.

Dulu waktu di lombok ibu selalu menjadi alarm setia saya, setiap subuh beliau wajib rajin ngingetin anak-anaknya yang nakal ini buat sholat shubuh, ya kalo gak bangun siap-siap di lempar sajadah. Beda banget waktu di Malang, saya yang susah bangun pagi ini harus siap-siap nyetel 3 alarm sekaligus dan itu berselang 30 menit dari setiap bunyinya, karena saya udah tahu kalo bakalan susah banget buat bangun. 

Skema cara bangun pagi (Malang dan Lombok):

Lombok  : Di bangunin ibu > ibu pergi > bangunin adek > tidur lagi > adek ngadu gara-gara di bangunin > ibu dateng > kami berdua dilempar pake sajadah > baru sholat shubuh.

Malang : Alarm 1 bunyi > bangun (dengan kesel) > matiin alarm > tidur lagi > alarm 2 bunyi > bangun (tambah kesel) > matiin alarm > sembunyiin hape > alarm 3 bunyi > bangun (murka) > bingung dimana tempat naruh hape > panik > ngantuknya ilang > sholat shubuh.

Mahasiswa rantauan juga punya penyakit keturunan yang obatnya susah banget di temuin dan pastinya hampir semua mahasiswa rantauan pernah mengalaminya yaitu penyakit-susah-nyari-makan-waktu-udah-deket-tanggal-tua. Ya, tanggal tua juga menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa ini (termasuk saya) dan satu-satunya hal yang bisa dilakukan hanyalah...... berdoa mudahan ada nasi kotak gratisan dari ibu kos.

Beberapa teman kampung yang ingin kuliah di luar daerah menanyakan beberapa hal kepada saya, mungkin mereka menganggap kuliah di luar daerah bisa jadi pilihan yang kurang tepat karena berbagai alasan personal. (seperti harus menjalani LDR) . hahahaha yang LDR mampus mampus, pacaran sama hape. hahahahahah. Wueeeekk. Sorry.

Gaya mahasiswa rantauan itu gimana sih ?

Dalam soal gaya, mahasiswa rantauan juga tidak mau kalah dengan mahasiswa pribumi (bahasanya kayak pelajaran ips gitu) dan cara mereka melakukan aktivitaspun gak jauh  berbeda. Yang cewek pada ngegosip sambil jalan di kantin, yang cowok biasanya ngumpul deket lorong kelas nungguin mahasiswi ekonomi lewat, makanan pokoknya nasi.(ambil gorengan 5 ngomongnya 2).

Perbedaan mahasiswa rantauan sama mahasiswa daerah asli? ( dari segi gaya hidup )

 Kalo mahasiswa daerah asli susah move on dari mantan.
Mahasiswa rantauan biasanya memiliki teori konsep ekonomi berbeda, sekalinya glamour ya glamour banget, sekalinya pengiritan ya sebelas dua belas sama tuan krab. Saya termasuk golongan nomor dua (yang terpaksa harus jadi irit banget). Mahasiswa golongan ini biasanya akrab banget bareng mahasiswa tingkat akhir di kos-kos an(bagi yang ngekos), alasannya tidak lain tidak bukan agar tahu kapan ada jadwal seminar, ya itung-itung kalo beruntung dapet nasi padang, kalo ndak beruntung paling banter air putih. Kembali ke motto awal : yang penting gratis. URYEAAAAHHH.
ket: kalo udah deket-deket akhir bulan sahabatnya cuma mie sama iman yang kuat.  
Hebat banget ya bisa irit, tapi kan kosan di Malang bukannya agak mahal gitu ya? ntar kalo kiriman telat gimana? di usir gak ?
Kalo karakter ibu kos seperti ibu tirinya cinderella mungkin sekarang saya udah jadi dikuliti gara-gara rajin ngutang. Untung banget tuhan masih menyayangi makhluk ciptaannya yang satu ini, memiliki ibu kos yang cantik, baik, bisa diutangin pula  pengertian. Tips lain kalo mau hidup super irit ya nyari kosnya di tempat yang aksesnya sulit terjangkau, mau nyari makan gak bisa ampe tengah malam, kalo mau nyari makanan enak agak susah(yang murah lumayan banyak).Dan sekali lagi saya berhasil mendapatkan tempat tinggal dimana ibu kosnya ajib abis. Ya, beliau juga membuka warung di kosan, jadi kalo lagi ujan barangkali gak ribet nyari makannya. Namun semua itu bakalan berubah ketika pada saat itu terjadi hujan, perut sudah mulai demo, dan didepan pintu ibu kos terpampang kalimat lembut mengiris hari  yang bertuliskan : MAAF WARUNG TUTUP. Pada saat itu juga kita (para anak kos) resmi....... hidup di zaman purba.

Harga gorengan disana berapa?
Ni pertanyaan udah mulai ngelantur deh, udah udah ditutup aja sesi tanya jawabnya, jugaan ibu kos udah dateng ni. Kalo mau tau kehidupan anak kos sana, tanya lagi sama pakar yang lain, daaaaa (tutup kamar, kunci pintu, tutup gorden, jadi vampir)

Theme song anak kos:
E kenapa kamu kalo lagi ngutang 
sukanya bilang, ada ibu gak
apa karena telat kiriman jadi alasan
Sembunyiaaaaaaaaa~

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Chillies Family