Kamis, 25 April 2013

Ujian Ujian Everywhere


Kampret tanggal 15 udah mulai deket nih. Di kampus udah pada prepare buat UTS. Hahah yang SMA tambah galau lagi ni kayaknya. Di internet ada yang ritual doain pulpennya lah, ada yang di mandiin kembang tuju rupa lah. Tapi kapan-kapan deh saya posting soal pengalaman UN saya. Karena senin besok kampus saya bakalan ngadain UTS maka disini saya akan menceritakan pengalaman ujian pertama saya di kampus putih ini. Selamat membaca :D.
Saya lari dengan tergesa-gesa. Sambil pantengin arloji yang terpasang dengan gagahnya ditangan kiri. Namun, gagahnya arloji ini berbanding terbalik dengan yang saya rasakan saat itu.

Saya telat ujian.

‘’Sial,mampus,kampret,WC’’ itu kata-kata yang keluar dari mulut saya saat itu. Ditambah lagi ruangan ujian tersebut ada di lantai teratas kampus saya. Mampus. Untuk manusia dengan berat badan yang nggak sama dengan tinggi kayak saya ini rasanya mau naekin satu tingkat aja serasa naek dari gedung WTC lantai 1 sampe 50 ( iyah, saya tahu agak berlebihan kan ).

Dan parahnya lagi dalam menuju perjalanan keatas saya dihadang sama gerombolan cewek lagi ngerumpi plus nutupin jalan.Kampret. Kebayang nggak bekicot temen saya aja masih 50 persen lebih cepet daripada ni gerombolan cewek. Yang ada dipikiran saya saat itu cuman gimana caranya buat nyingkirin mereka.
Saya dapet ide, mungkin mereka bakalan percaya kalo saya bilang ‘’ Waaaah oppa Kyuhyun di lantai bawah’’ato ‘’ mbak liat kesini’’ saya pamerin foto titit adek saya yang belum disunat dengan gagahnya dan pas mereka teriak sambil tutup muka langsung saya lari kayak flash.Nggak-nggak. Setidaknya cara yang pertama lebih masuk akal ketimbang yang kedua. Kalo pake yang nomor dua mungkin saya bakalan jadi artis dadakan di koran kampus ( gara-gara mamerin foto dewasa ).Oh my god it was so disgusting if I do that.Nggak deh. Kasian juga adek saya ntar dia nggak laku.

Akhirnya saya urunin niat buat nyingkirin mereka. Saya udah mulai pasrah mungkin pas udah nyampe ruang ujian saya udah punya 4 cucu dan 2 anak ‘ Permisi mas cucu saya tolong di jaga ya’ dengan nada yang serak disertai parfum dengan aroma bunga bangkai, ‘’ Iya kek, sini saya antarkan ke tempat duduk kek’’.
 Naas banget .

Di tangga terakhir saya ketemu sama kakak tingkat . Kebetulan dia lagi menuju ke lantai bawah.
‘’ nah,lo dah telat tu’’ dengan wajah nakutin kayak di film-film horror nggak laku.
Mampus.

Akhirnya saya jalan normal. Layaknya nggak terjadi apa-apa. Saya masuk dalem ruangan dengan anteng,gagah, bokong sexy dan saya sukses dihadang. Shit more problem was waiting for me.
‘’ Tunggu dulu mas “ seorang pengawas ujian dengan gagahnya memberi isyarat ke saya dengan menunjuk ke arah meja pengawas disamping pintu masuk ruang ujian. Saya bingung. Berfikir dan mencoba untuk mengerti apa yang pengawas tersebut inginkan.Emang, saya lemah dalam mengandaikan maksud dari seseorang terlebih orang tersebut pake bahasa isyarat ditambah lagi saya udah lari kayak road runner dari lantai bawah.

saya terdiam sejenak. Pengawas itu kembali nunjuk kearah meja tadi ‘’ Kertas ujiannya bisa di ambil mas ‘’. Akhirnya saya ngerti maksudnya. Ternyata panitia tersebut menyuruh saya buat ngambil berkas soal yang ada di meja panitia. Padahal udah terbesit dipikiran gue pada awalnya ‘’ waduh mampus bakalan ujian di meja pengawas ni, mau di taro dimana muka keren ini ’’ atau ‘’ waduh masak saya disuruh push-up dulu di meja tu’ dan perkiraan saya yang terakhir ‘’ waduh masak gue mesti pup dulu di atas meja itu’’.
Dan untungnya nggak jadi di apa -apain. Hehe

Dari edisi-edisi telat saya yang pernah terjadi sebelumnya, mungkin yang ini masuk dalam kategori parah. Ditambah lagi keinget pesen dosen beberapa waktu sebelum UAS ‘’ pas ujian nanti tugas mind map nya dibawa ya’’.

Mampus.

Alamat harus cari alesan yang pas ni supaya jangan sampe saya dihukum lari setengah bugil keliling kampus sambil bawa papan tulisan AWAS ANJING HOMO MAU LEWAT. Kebayang nggak pasti kegantengan saya bakalan minus seribu persen ( walopun emang udah minus dari dulu).
Malem sebelum ujian saya pusing banget gara-gara tugas ini. Mondar-mandir keliling kamar temen. Abis itu balik lagi ke kamar. Keliling lagi. Balik lagi ke kamar. Mungkin kalo ada orang yang ngelihat, pasti mereka bakalan berpikir kalo saya sedang tawaf kayak di Mekkah bedanya saya nggak pake kain irham dan lebih terlihat seperti gembel dibandingin calon haji.

‘’ Assalamualaikum,om, om Ruly ‘’ mengetok pintu salah satu temen kos yang merupakan mahasiswa tingkat akhir di kampus. Saya ngetok pintu itu sampe 3 kali dan nggak ada jawaban.

Bengong.

Saya mulai gelisah lantaran semua tugas dan materi ujian ada dalam laptop tersebut. Saya mutusin kalo besok pagi aja saya print seluruh tugas dan materi ujian. ( ujian saya open book )
Besoknya semua yang saya rencanain gagal. Saya telat bangun. Dengan kecepatan tinggi saya langsung ke kamarnya om Ruly dan gedor pintunya ‘’ om buka dong, saya mau print tugas ni!’’
Setelah laptop kembali, saya bergegas buat nyiapin semua data yang mesti diprint. Saya bergegas buat berangkat ke warnet soalnya waktu ujian udah mepet banget. Enggak lupa saya menunaikan kewajiban.(bukan, bukan ke toilet ni) Ya,saya ngacaan dulu. Dasi udah rapi. Rambut asoy. Pantat geboy. Saya udah 95% mirip salesman yang sedang nawarin produknya ke rumah-rumah.
Saya lari dengan kenceng kayak dikejer-kejer utang. Akhirnya saya sukses sampe di warnet. Namun keadaannya enggak sesuai dengan harapan saya. Disana udah ngantri seorang mahasiswi satu almamater sama saya dan anak kecil yang masih SD kira-kira kelas 4 dengan di temani bapaknya. Dari apa yang saya lihat, ternyata si anak kecil ini dapet tugas mencari binatang-binatang darat dan laut. Saya lihat arloji. Mampus tinggal 5 menit.

Saya mulai panik.

Setiap kali ada gambar binatang di layar monitor, anak SD tersebut menarik baju ayahnya. Ada gambar bebek, lalu si anak menarik baju ayahnya dan menunjuk kearah monitor.
‘’ itu namanya bebek ‘’ ayahnya jelasin kepada si anak tersebut .

Lalu ada gambar hewan lain yang muncul dan si anak melakukannya berulang kali pula. Saya sempet kesel karena untuk ukuran anak kelas 4 SD cuman dia ajak yang nggak bisa bedain binatang. Berbeda dengan saya. Ya, saya yang masih kecil dulu tahu banyak tentang segala hal. Bahkan sampai hal-hal yang penting dan anak kecil seumuran saya jarang ada yang tahu, kayak: makan itu harus dikunyah enggak boleh langsung ditelen, kalo makan rambutan enggak boleh sama bijinya, dan kalo minum itu lewat mulut bukannya hidung.

Kegiatan tersebut dilakukan berkali-kali oleh si anak tapi bapak tadi kelihatan enggak marah sedikitpun. Saya heran.

Ternyata setelah gambar yang terakhir, si anak kembali melakukan komunikasinya namun kali ini berbeda,ia tidak lagi menunjuk kearah monitor namun menggunakan bahasa isyarat. Oh my god.
Saya merasa bersalah banget udah ngatain anak orang walaupun dalem hati. Saya sombong banget karena udah men judge orang itu bego padahal saya sendiri jauh lebih bego daripada anak tadi.
Dari kalimat Einstein yang saya tahu ‘’ belajar itu tidak hanya sekedar mendengarkan guru di dalam kelas, tetapi belajar juga dapat kita peroleh dari sekitar kita’’ dan saya gagal untuk membaca situasi saat itu. Bego banget.

Saya sempet terdiam sejenak dan melihat ke arah jendela. Saya jadi inget keluarga yang ada di rumah , udah kangen banget rasanya setelah 4 bulan enggak ketemu.
Setelah anak tersebut pergi saya buru-buru ngeprint tugas dan langsung lari secepat siput ke kampus.
Disinilah saya sekarang, berada dalam ruangan ujian dengan dua lembar fotokopian, tenang banget karena udah dapet ijin masuk ruangan. Saya duduk lalu buka fotokopian. Dan kejadian yang nggak pernah saya duga hadir.

FOTOKOPIAN SAYA SALAH !.

Bengong.

Pasrah dengan semua yang bakalan terjadi. Saya berharap semoga aja hari itu ada kejadian aneh, entah meteor jatuh lalu menimpa kampus dan ujiannya dibatalkan ato ada yang pup di kelas dan setelah kelas menjadi aroma melati, saya langsung ambil fotokopian temen. saya melihat ke arah langit lewat jendela dan ekspresi muka temen saya yang lain. Kayaknya kejadian itu nggak bakalan terjadi.

Kampret.

Note : Ujian ini aku dapet A lo, hahah potokopian salah nggak apa-apa yang penting itu resultnya kan :D. yang SMA semoga sukses ujiannya. Aamiin.

0 comments:

Posting Komentar

Komentar Chillies Family